Jumat, 05 Oktober 2012

RPP Bahasa Indonesia Kelas V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      : V/1
Alokasi Waktu        : 8 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis.
B.     Kompetensi Dasar: Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
C.     Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Setelah pembelajaran pada pertemuan 1 ini diharapkan siswa dapat:
1.     menyebutkan bagian-bagian surat undangan secara lengkap;
2.     menulis surat undangan ulang tahun dengan baik dan benar;
Pertemuan 2
Setelah pembelajaran pada pertemuan II ini diharapkan siswa dapat:
3.    
4.    
Setelah pembelajaran pada pertemuan II ini diharapkan siswa dapat:

D.    Materi Pembelajaran : Surat undangan ulang tahun.
E.     Metode Pembelajaran : Diskusi – Penugasan – Presentasi
F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.     Kegiatan Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mengajukan pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan kegiatan ulang tahun kemudian saling menanggapi seperlunya,misalnya:
1)    Siapa yang pernah merayakan hari ulang tahun? Siapa saja yang diundang? Apakah kamu merasa senang?
2)    Siapa yang pernah menghadiri acara ulang tahun teman? Apakah kamu diundang? Apa yang kamu lakukan di sana?
b.     Motivasi
Guru mengajak siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun”.

c.      Informasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapaai dalam pembelajaran ini.

Menyampaikan tujuan pembelajaran serta nilai budaya dan karakter bangsa

2.     Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
-         Siswa mencermati beberapa contoh surat undangan ulang tahun dan penjelasan guru. (NK: rasa ingin tahu)
-         Siswa mendiskusikan bagian-bagian yang ada pada surat undangan ulang tahun. (NK: rasa ingin tahu)
b.     Elaborasi
-         Mengidentifikasi bagian-bagian surat undangan ulang tahun, meliputi : tempat dan tanggal pembuatan, alamat yang diundang, pembuka surat, isi surat, penutup, nama dan tanda tangan pengundang. (NK: rasa ingin tahu dan kreatif)
-         Secara berkelompok, menuliskan surat undangan ulang tahun. (NK: bekerja sama, kerja keras, saling menghargai)
c.      Konfirmasi
-         Menuliskan simpulan hasil diskusi. (NK: kreatifitas, tanggung jawab, kerja keras)
-         Menempelkan surat undangan ulang tahun. (NK: keberanian)
-         Siswa dan guru menyampaikan komentar terhadap hasil pekerjaan siswa. (NK: saling menghargai)
3.     Kegiatan Penutup
-         Guru memberikan tindak lanjut
-         Guru dan siswa melakukan refleksi
Pertemuan II
1.    
2.    
3.    
G.    Sumber/Media/Alat Pembelajaran
-         Buku Pelajaran “Aku Cinta Bahasa Indonesia”.
-         Contoh-contoh surat undangan ulang tahun.
-         Kertas plano, isolasi, lem, spidol.


-          
H.    Penilaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen
Instrumen
Kunci Jwbn
Bobot/ Skor
Dapat menyebutkan bagian-bagian surat undangan ulang tahun
Lisan
Uraian
Bagian apa saja yang ada pada surat undangan ulang tahun?
Tempat dan tanggal pembuatan surat, alamat yang dituju, salam pembuka, pendahuluan, isi, penutup, tanda tangan pengundang
6
Dapat mengidentifikasi bagian-bagian surat undangan ulang tahun
Tulis
Uraian
Tuliskan pokok-pokok yang perlu di tulis pada setiap bagian surat undangan ulang tahun!


Dapat menuliskan surat undangan ulang tahun.
Tulis
Uraian
Tuliskan surat undangan ulang tahun!
(yang dinilai hasil/ surat undangan ulang tahun yang memenuhi unsur-unsur di atas)
12

NA =
Skor Perolehan
x 100
Skor Maksimal

            atau
NA =
Skor Perolehan
x 100
18

                                                                                                Jatilawang, 12 Juli 2010
            Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas