Pemuda dan pemudi harapan bangsa seharusnya mempunya wawasan yang luas agar berfikir kritis terhadap semua masalah yang ada di indonesia, pemuda harapan bangasa juga harus memiliki budi pekerti yang baik, moral yang baik, iman yang kuat agar suatu saat nanti pemuda dan pemudi di indonesia dapat memimpin indonesia ini kearah yang lebih maju disegala bidang.
tapi kenyataan sekarang pemuda di indonesia rata-rata hanya mementingkan kesenagan dan foya-foya saja, moral juga masih bobrok bagaimana bisa maju indonesia ini,
Senin, 02 Januari 2012
BAHASA ARAB
Sunan Gunung Djati-Mana penulisan kata/istilah yang benar: ustadz, ustad, atau ustaz? Tanpa melihat dulu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menurut saya penulisan yang benar adalah ustadz.
Pasalnya, “dz” merupakan transliterasi paling pas buat huruf “dzal” (ذ ) dalam bahasa Arab. Huruf ”d” untuk “dal” (د ) dan “z” untuk “zay” (ز).
Memang, sudah ada pedoman transliterasi (alih aksara) Arab-Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Bersama Meneri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 22 Januari 1988, antara lain sebagai berikut:
Arab | Latin | Arab | Latin | Arab | Latin |
ا | ` | ز | z | ق | q |
ب | b | س | s | ك | k |
ت | t | ش | sy | ل | l |
ث | ts | ص | sh | م | m |
ج | j | ض | d | ن | n |
ح | h | ط | t | و | w |
خ | kh | ظ | z | ه | h |
د | d | ع | ‘ | ء | ‘ |
ذ | ż | غ | g | ي | y |
ر | r | ف | f | - |
Namun, tidak semua orang mengacu kepada pedoman itu, mungkin karena tidak mengetahuinya atau mengetahuinya tapi merasa “tidak sreg” sehingga mengabaikannya. Apalagi, masing-masing media memiliki “buku gaya” (style book), yakni pedoman penulisan, sendiri-sendiri. Simak saja, misalnya, koran Pikiran Rakyat menulis Ka’bah dengan “Kabah”, Ustadz dengan “ustaz”, istiqomah dengan “istikamah”.
Transilterasi Arab-Indonesia yang sering berbeda adalah untuk penulisan huruf/kata antara lain sebagai berikut:
Tsa (ش) : hadits – hadis
Kho (خ ) : khilaf – hilaf,
Dzal (ذ ) : ustadz – ustad, ustaz
Ain mati (ع ) : ka’bah – kabah, ma’ruf – maruf,
Gha (غ) : maghrib – magrib, istighfar – istigfar, ghafur-gafur
Shad (ص ) : shalat-salat, solat, sholat
Sebagian istilah atau kata bahasa Arab sudah diserap menjadi bahasa Indonesia, seperti sedekah (shodaqoh), gaib (ghaib, ghoib), magrib (maghrib), azan (adzan), kalbu (qolbu), batin (bathin), wasalam (wassalam), dan sebagainya.
Namun, lagi-lagi, penulisan kata-kata tersebut sering tidak seragam. Jadi, sekali lagi, meskipun sudah ada pedoman Transliterasi Arab-Latin SKB Menag dan Mendibud, tidak jarang buku-buku pelajaran agama ataupun buku agama yang lain masih belum seragam mengeja kosakata Arab tersebut.
Ada kecenderungan untuk menuliskan konsonan bahasa Arab itu dalam bentuk huruf ganda, seperti dl, dh, dz, sh, gh, th, ts. Padahal, menurut pakar bahasa, huruf ganda seperti itu tidak ada dalam sistem ejaan Indoesia. Oleh sebab itu, seharusnya tidak digunakan dalam menuliskan unsur serapan bahasa:
Pendidikan di indonesia
Pendidikan Network akan terus-menerus berkembang tetapi kecepatannya akan tergantung partisipasi dari lingkungan pendidikan di Indonesia. Anda yang paling tahu masalah-masalah di lapangan (dan solusinya). Kalau kita berkomunikasi dan bekerjasama kita bisa membuat kesempatan untuk mengingkatkan mutu pendidikan, profesionalisme dan kesejahteran pendidik. intinya pendidikan di indonesia akan berkembang jika berbagi pihak yang berkait didalamnya saling terpadu dan saling mendukung agar tujuan pendidikan di indonesia itu terwujud dengan baik.....
CONTOH RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Ma’arif NU 1 Wangon
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ Gasal
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris Setara Level Novice
Kompetensi Dasar : 2. 2 Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami ungkapan- ungkapan yang digunakan dalam greeting, introducing, thanking, and apologizing.
2. Siswa dapat menggunakan ungkapan- ungkapan tersebut dalam kehidupan sehari- hari.
Karakter siswa yang diharapkan:
· Dapat dipercaya (Trustworthiness)
· Rasa hormat dan perhatian (Respect)
· Tekun (Diligence)
· Tanggung jawab (Responsibility)
· Percaya diri (Confidence)
· Keberanian (Courage)
B. Materi Pembelajaran
1. Expressions of greeting
Formal greetings expression
1. Good morning (the time between 5 a.m until 12 a.m)
2. Good afternoon (the time between 12 a.m until 5 p.m)
3. Good evening (the time between 5 p.m until 9 p.m)
4. Good night (be time)
Informal greetings expression
- Hi, hello
Expressions used in leaving or departing
- Good bye
- Bye
- Bye-bye
- See you
- Look after yourself
Expressions used for asking someone’s condition
= How are you?
= How’s life?
= How’s everything
= What are you getting on
= Are you OK?
Expressions used to respond one’s condition
1. Fine, thanks
2. I am fine, thank you
3. Very well
4. I am OK
5. I am unwell
6. Not very good
7. I am unfine
8. I am not OK
9. I got flu
2. Expressions of introducing
Introducing Oneself and Other
Here some expressions used in introduction:
- How do you do
- May I introduce….
- Let me introduce….
- I’d like to introduce…….
- I’d like you to meet……
- This is…….
- Do you know……
- Have you meet…..
The followings are responses of introduction:
- How do you do
- Nice to meet you
- Pleased to see you
- I am happy to know you
- Yes, we’ve already meet
3. Expressions of thanking
Thanking
Expressions used in thanking
· Thank you
· Thank you very much
· Thanks
· Thanks a lot
· Thank you for….
Responses of thanking
· You are welcome
· All right
· Don’t mention it
· Not at all
· Forget it
Just the same
4. Expressions of apologizing
Apologizing and Regret
The followings are expressions used in apologizing
§ Excuse me
§ Pardon me
§ I am sorry
§ I apologize
§ Forgive me
The followings are responses in giving apologize
§ All right
§ That’s all right
§ Don’t worry
§ Never mind
§ Don’t mention it
C. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Diskusi
3. Praktek
4. Penugasan
5. Umpan balik
D. Langkah- langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
Apersepsi/ Motivasi:
a. Guru mengucapkan salam/ greeting dan siswa disiapkan untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai.
b. Guru mengecek kehadiran siswa,
c. Guru menegur siswa yang tidak berseragam lengkap.
d. Guru melakukan warming up yang disesuaikan dengan materi inti.
e. Guru mendemonstrasikan materi inti yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1) Menjelaskan/ mendemonstrasikan ungkapan- ungkapan tentang greeting, introducing, thanking, dan apologizing secara dapat dipercaya (trustworthiness), rasa hormat dan perhatian (respect).
2) Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan tekun (diligence) dan belajar dari aneka sumber.
3) Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain secara dapat dipertanggungjawabkan (responsibility).
4) Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1) Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain yang berhubungan dengan materi untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis dengan rasa percaya diri (confidence) dan tanggung jawab (responsibility).
2) Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut/ dengan berani (courage) dan percaya diri (confidence).
3) Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok dengan rasa percaya diri (confidence).
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1) Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2) Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3) Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4) Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
5) Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
6) Membantu menyelesaikan masalah;
7) Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
8) Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
9) Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Akhir/ Penenangan
Dalam kegiatan akhir, guru:
a. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Alat dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Bahasa Inggris
· LKS Kelas X
· Daily English Conversation Book
· Dictionary
· Internet
- Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Merespon Ungkapan-ungkapan : - sapaan orang yang sudah / belum dikenal - Perkenalan diri sendiri / orang lain -Perintah / larangan | Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tertulis | - Pertanyaan lisan | 1. Listen to the expression and give response orally 1. Good morning. How are you ? ……………………………….. 2. Hi, I ‘m Reno and you are ? ……………………………….. 3. Are you Anisa ? ………………………… 4. Hello, it’s nice to meet you ………………………….. 5. Who is that girl ………………………. II. Listen to the expression and choose the best responses, A, B, C, or D 1. A. : Hello, how are / B : ………. a. Yes, it is c. Thank you b. I ‘ Renny d. Don’t worry 2. A : Is that your sister, Anna ? B : …………. a. Yes, it is b. I don’t know c. No, she is not here d. Very well thanks 3. A : Budi, this is my friend, Susan B : Hi, Susan……. a. Fine, thank c. Nice to see you b. It ‘s OK d. I ‘m alright |
1. Rubrik Penilaian
No. | Uraian | Skor |
1. | Isi benar, tata bahasa benar Isi benar, tata bahasa kurang tepat Isi dan tata bahasa kurang tepat Tidak menjawab | 3 2 1 0 |
II. | Setiap jawaban yang benar Setiap jawaban yang salah / tidak dijawab | 2 0 |
2. Kunci Jawaban. : Terlampir
3. Pedoman Penilaian.
a. Untuk No. 1 tiap jawaban benar skor 3
b. Untuk No. II, tiap jawaban benar diberi skor 2
c. Jumlah skor maksimal I 5 x 3 = 15
i. II 5 x 2 = 10
ii. Jumlah 25
d. Nilai maksimal 10
Skor Perolehan
e. Nilai Siswa = X 10
Skor Maksimal
4. Nilai akhir
Mengetahui; Kepala Sekolah .................... ( ....................................................... ) NIP /NIK : ..................................... | ........., ....................20..... Guru Mapel Bahasa Inggris, ( .............................................. ) NIP /NIK : .............................. |
Langganan:
Postingan (Atom)